Kirab Adipura Istimewa di Kota Pasuruan

Jum`at, 11 Juni 2010 15:54:35 - oleh : admin

Kirab Adipura Istimewa di Kota Pasuruan

Kegembiraan pemkot dan masyarakat Kota Pasuruan untuk keberhasilan meraih piala Adipura 2010 belum juga berakhir. Piala prestise di bidang lingkungan hidup yang baru bisa diraih lagi setelah 13 tahun itu kemarin dikirab keliling kota sampai 15 km. Tak ayal, warga kota ramai ingin menyaksikan dari dekat piala tersebut.

Acara kirab itu terlihat istimewa. Pukul 08.00, upacara pemberangkatan kirab piala Adipura langsung dipimpin oleh Wali Kota Aminurrokhman. Hampir seluruh pejabat pemkot hadir di sana. Tidak ketinggalan juga ratusan pasukan kebersihan yang selama ini dinilai sudah setia selalu menjaga kebersihan, dan keindahan Kota Pasuruan.

Pagi itu juga, beberapa kesenian tradisional turut ditampilkan untuk mewarnai kegembiraan gelar kirab Adipura. Ada pencak silat, reog Ponorogo, dan juga barongsai dari TITD Tjoe Tik Kiong Pasuruan.

Melihat kemeriahan bak karnaval Agustusan itu, ribuan mata masyarakat kota menyaksikan penuh perhatian suasana kirab. Mereka pun turut melambaikan tangannya, saat piala Adipura sampai di dekat kediaman mereka. Bahkan balita, dan anak-anak sekolah tingkat SD pun mengibarkan bendera merah putih dari kertas, berukuran mini begitu melihat rombongan kirab melintas di hadapan mereka.

Cukup jauh rute perjalanan kirab yang disiapkan Pemkot Pasuruan. Hampir seluruh kawasan kota, mulai dari Selatan, Utara, Timur, maupun Barat dilalui tanpa terkecuali. Sedikitnya 15 km jarak kirab yang mereka lewati sepanjang pagi, hingga siang.

Setelah hampir satu jam melalui prosesi kirab, rombongan kirab Adipura berhenti di depan Stadion Untung Surapati. Ketika itu, pengawalan bak kerajan sudah menunggu. Ada dayang-dayang yang cantik, pengawal yang gagah, dan juga perwira wiranini, dan wiroguna yang menjadi tokoh khas Kota Pasuruan.

Suara gending Jawa terdengar mengalun di sana, mengiringi tapak kaki para dayang, panglima, dan pengawal kerajaan tersebut. Jl. Pahlawan yang menjadi lokasi penyambutan piala Adipura, dibersihkan dari lalu lalang kendaraan. Suasana menjadi hening, dan hidmat.

Di kantor pemkot, Wali Kota Aminurokhman sudah menyambut kehadiran kembali piala Adipura setelah selama hampir satu jam kirab. Di area penyambutan tersebut, juga berjajar kalangan pejabat pemkot, dan juga anggota DPRD Kota Pasuruan.

"Semoga, piala Adipura ini tidak hanya menjadi monumen bisu. Tapi akan menjadi motivasi kita untuk bisa meraih yang lebih baik lagi, di masa-masa mendatang. Mari kita bersama tingkatkan partisipasi untuk bisa mempertahankan apa yang sudah kita raih sekarang ini," tegas wali kota saat itu. (jawapos.com)

Berita "Kota Pasuruan" Lainnya