Ribuan Umat Muslim Penuhi Haul KH Abdul Hamid Pasuruan

Selasa, 22 Januari 2013 06:27:49 - oleh : admin

Ribuan Umat Muslim Penuhi Haul KH Abdul Hamid Pasuruan

PASURUAN - Ratusan ribu umat muslim, Senin (21/01) pagi, memadati peringatan Haul ke 31 Alm KH Abdul Hamid, yang dilaksanakan di Ponpes Salafiyah, Kebonsari Kota Pasuruan.

Kharisma dan nama besar ayahanda Gus Idris tersebut bukan hanya sampai di telinga warga lokal, melainkan hingga ke seluruh pelosok tanah air.

Bahkan, tidak sedikit pejabat yang hadir, di antaranya Gubernur Jatim DR Soekarwo dan Wakil Gubernur Saifulloh Yusuf, Mantan Ketua PBNU Hasyim Muzadi, walikota Pasuruan Hasani, Bupati Sidoarjo, Walikota Batu, hingga beberapa calon bupati dan wakil bupati pasuruan, seperti Irsyad Yusuf, Muzammil Syafik'i, dan Agus Asy'ari.

KH Idris Hamid, Pengasuh Ponpes Salafiyah mengatakan, peringatan Haul ayahandanya tersebut selalu menjadi perhatian tersendiri, terutama para Kiyai dan Ulama se-Indonesia, yang sedianya datang dan menjadi pembicara dalam haul sekaligus Maulid Nabi Muhammad SWA itu.

"KH Abdul Hamid adalah sosok yang penuh dengan kharisma. Banyak ulama yang kagum dengan sifat dan kebaikannya," ujar Idris dalam sambutannya.

Memang, dari banyaknya umat muslim yang hadir, terlihat beberapa kiyai besar, di antaranya KH Mustofa Ma'sum dari Yokjakarta, KH Ali Mashuri dari Tulangan Sidoarjo, serta Prof Martin Van Burmes dari Belanda.

Sementara itu, baik Soekarwo maupun Saifulloh Yusuf mengaku sudah empat tahun, selalu menyempatkan hadir di Peringatan Haul Waliyulloh itu.

Menurutnya, kepribadian KH Abdul Hamid selalu dikenang oleh banyak orang, sehingga sekalipun memiliki banyak kegiatan, pasangan yang kembali bertarung dalam Pilgub tahun ini, selalu mengikuti haul tersebut.

"Susah sekali untuk mencari kiyai yang sama dengan Kiyai Hamid, terlebih kalau kita berbicara tentang andap asornya. Masya Alloh, luar biasa baiknya beliau," ungkap Gus Ipul kepada Radio Suara Pasuruan. (emil) (107fm.pasuruankab.go.id)

 

Berita "Kota Pasuruan" Lainnya