SMAN I Purwosari Akan Buka Kelas Akselerasi

Jum`at, 6 Februari 2009 08:06:45 - oleh : admin

SMAN I Purwosari Akan Buka Kelas Akselerasi

educationSMAN I Purwosari terus berbenah. Walau dinilai sebagai sekolah pinggiran, namun tidak membuat lembaga ini minim terobosan. Buktinya, dalam waktu dekat sekolah yang berada di Jl Pegadaian, Kelurahan Purwosari ini berencana membuka kelas akselerasi.

Kepala sekolah SMAN I Purwosari Nur Hasan saat dikonfirmasi membenarkan rencana itu. Menurut dia, rencana itu merupakan terobosan baru di bidang pendidikan yang dilakukan lembaganya.

Saat ini menurut Nur, berbagai persiapan telah dilakukan untuk mewujudkan gagasannya itu. "Persiapannya sudah 75 persen. Tinggal kita ajukan ke dinas (Dinas Pendidikan Pemkab Pasuruan, Red.)" katanya saat dihubungi melalui telepon selulernya, kemarin (5/1).

Sementara dihubungi secara terpisah, Kabid Sekolah Lanjutan Dinas Pendidikan Kabupaten Pasuruan Iswahyudi menyatakan, saat ini pihaknya masih melakukan kajian terkait rencana itu. Beberapa waktu lalu pihaknya sudah mengomunikasikan rencana itu dengan Dirjen Pembinaan Sekolah Lanjutan di Jakarta.

Menurut Iswahyudi, pada prinsipnya kelas akselerasi berbeda dengan kelas-kelas lain. Ini seperti sekolah bertaraf internasional (SBI). Kegiatan belajar mengajar di kelas akselerasi bisa ditempuh lebih cepat. Jika biasanya ditempuh dalam waktu tiga tahun, pada kelas akselerasi cukup dilalui dua tahun saja.

Sistem pengajarannya juga berbeda. "Kelas akselerasi sistem pengajarannya pakai SKS (sistem kredit semester)," terang lelaki asal Gresik ini. Semester pertama merupakan tahap penyesuaian bagi siswa. Pada semester kedua, selain mendapatkan materi pelajaran semester tersebut, sebagian materi semester ketiga juga diajarkan. Begitu seterusnya.

"Ini kan memang kelas percepatan," katanya. Karena itu, saat ini pihaknya masih berupaya melengkapi beberapa kebutuhan sebelum kelas akselerasi itu benar-benar dibuka. Yang pasti, proses seleksi masuk kelas akselerasi akan lebih ketat dibandingkan kelas lain.

Karena itu, siswa yang masuk kelas ini harus memiliki keunggulan di tiga hal. Yakni, kecerdasan intelektual (IQ), kecerdasan emosional (EQ) dan kecerdasan spiritual (SQ). "Semuanya harus jalan," ujarnya di sela kesibukannya, kemarin (5/1).

Iswahyudi sendiri menjelaskan, saat ini pihaknya terus berupaya melakukan terobosan untuk memajukan dunia pendidikan di kabupaten. Saat ini misalnya, beberapa sekolah swasta dan negeri di kabupaten diusulkan menjadi SBI. Diantaranya, SMAN I Purwosari dan SMAN I Grati.(jawapos)

Berita "Pendidikan" Lainnya